Selasa, 29 April 2008

Unix

Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan pada tahun 1969 oleh Ken Thompson, Dennis Ritchie and Douglas McIlroy di AT&T Bell Labs. Pada mulanya sistem ini dikembangkan dalam bahasa assembly. Akan tetapi karena portabilitasnya rendah (sehingga sulit dikembangkan di sistem lain) maka Ritchie mengembangkan bahasa pemrograman baru yang disebut bahasa C (sekitar tahun 1973). Sistem UNIX kemudian berkembang di lingkungan perguruan tinggi dan mulailah muncul variant dari sistem UNIX ini. Varian yang utama adalah UNIX BSD dan UNIX System V.

Pada tahun 1982, AT&T mulai memasarkan UNIX. Karena banyaknya versi yang ada, ada kesulitan untuk membuat UNIX versi standard. Sampai saat ini, terdapat dua macam UNIX di pasaran: satu diproduksi oleh AT&T yang dikenal dengan System V dan lainnya dikembangkan oleh Berkeley University dan dikenal dengan BSD4.x (x=1, 2, 3). BSD sendiri merupakan kependekan dari Berkeley Software Distribution.

Selain di Berkeley University, varian UNIX juga dikembangkan di Standford University, dimana kemudian mereka memasarkan kartu Standford University Network yang kini telah berubah nama menjadi Sun Microsystem Inc.

UNIX adalah sistem operasi yang mendukung multi-tasking (dapat melaksanakan beberapa tugas dalam waktu bersamaan) dan multi-user (dapat digunakan beberapa orang dalam waktu bersamaan).Karena portabilitas, fleksibiltas, dan ketangguhannya, UNIX menjadi sistem operasi pilihan untuk server maupun workstation.

Tidak ada komentar: