Senin, 28 April 2008

Wireless Network

Wireless Network atau jaringan nirkabel merupakan jaringan komputer dimana koneksi pengguna dengan jaringan tersebut tidak menggunakan kabel seperti yang digunakan pada jaringan komputer biasa. Komunikasi antara pengguna dengan jaringan nirkabel dilalakukan melalui gelombang elektromagnetik pada frekuensi radio (sekitar 2,4 GHz). Komunikasi nirkabel ini terjadi antara pengguna (Laptop, PDA, dll) dengan suatu perangkat yang dinamakan dengan Access Point. Access Point ini yang akan menghubungkan pengguna tersebut dengan jaringan komputer yang sesungguhnya.

Jaringan nirkabel yang ada dapat berbentuk ad-hoc peer-to-peer, dimana pengguna dapat berkomunikasi langsung dengan pengguna lainnya tanpa melaui jaringan komputer (Access Point) yang menghubungkan mereka. Bentuk lainnya adalah jaringan yang kompleks (complex network), pengguna berhubungan dengan jaringan komputer melaui Access Point sebagai perantaranya.

Wireless Network adalah suatu jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi radio untuk komunikasi antara perangkat komputer dan akhirnya titik akses yang merupakan dasar dari transiver radio dua arah yang tipikalnya bekerja di bandwith 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a). Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b atau akomodasi IEEE 802.11g dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP dan atau WPA.

Tidak ada komentar: